Thursday, September 17, 2009

Tips Convert File Lengkap secara Online

Pusatgratis – Terkadang saat kita sedang ingin membuka suatu file, kita tidak bisa membukanya karena tidak memiliki softwarenya. Hal ini pernah saya alami ketika akan membuka file berformat odt (format default dari file hasil OpenOffice Text Document) karena ingin mencetak file tersebut. Karena saya hanya memiliki Microsoft Office Word dan tidak memiliki Open Office maupun converter dari format odt ke word, maka saya sempat kebingungan.

Pada saat itu saya berencana mendownload Open Office, namun karena ukurannya lumayan besar dan kecepatan koneksi saya pas – pasan, maka saya mengurungkan niat mendownload Open Office tersebut :). Tidak berhenti disitu, saya terus mencari cara mudah dan cepat karena pada saat itu kondisinya sedang gawat darurat. Mendownload berbagai converter pun sudah saya lakukan, namun banyak yang tidak support dengan Windows Vista Home Basic, Sistem Operasi yang saya gunakan.

Akhirnya saya menemukan satu situs yang pada saat itu sangat berguna dan menjadi penyelamat saya :P, situs itu adalah ZAMZAR. Zamzar adalah situs konversi online yang bisa anda gunakan untuk mengkonversi file dari satu format ke format lainnya. Zamzar support berbagai macam konversi format mulai dari format file dokumen, gambar, musik, video, compression maupun CAD format.

Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui..hehe. berawal dari mencari converter dari format odt ke format doc, saya malah menemukan situs konversi online yang amat sangat lengkap sekali :). Untuk melihat daftar format yang bisa dikonversi oleh situs Zamzar ini, bisa anda baca disini

Untuk bagaimana mengkonversi file dari satu format ke formatlainnya secara online, maka berikut ini saya berikan tutorialnya. Sebagai contoh saya akan mengkonversi file berformat PDF menjadi berformat DOC :

1. Buka situs Zamzar disini

2. Klik Browse

Klik Browse untuk memilih file

Klik Browse untuk memilih file

3. Pilih file yang ingin anda konversi, dan klik open

Pilih File dan klik Open

Pilih File dan klik Open

4. Pilih format file output

Pilih Format output

Pilih Format output

5. Masukkan email anda dan klik convert

Masukkan Email anda dan klik Convert

Masukkan Email anda dan klik Convert

6. Klik “Ok” dan tunggu hingga proses upload selesai

Klik Ok

Klik Ok

Tunggu Proses Upload Selesai

Tunggu Proses Upload Selesai

7. Setelah file upload selesai, silahkan buka email anda dan anda akan memperoleh sebuah email dari zamzar. Buka email tersebut

Proses Upload Selesai

Proses Upload Selesai

Buka Email Anda dan Akan ada Email dari zamzar

Buka Email Anda dan Akan ada Email dari zamzar

8. Klik download link yang ada di email, kemudian anda akan di redirect ke halaman zamzar..klik “download now”

Buka Email Tersebut dan Klik Link downloadnya

Buka Email Tersebut dan Klik Link downloadnya

Anda akan diredirect dan Klik Download File

Anda akan diredirect dan Klik Download File

9. Proses konversi telah selesai dan hasilnya..bagi saya sangat memuaskan :)

Hasil Konversi PDF ke Word Sangat Memuaskan

Hasil Konversi PDF ke Word Sangat Memuaskan

Namun begitu menurut saya ada kelebihan dan kekurangan dari menggunakan konversi online ini.

Kelebihan :

- Tidak perlu download dan install software

- Praktis dan mempunyai dukungan konversi yang lengkap, cukup 1 situs zamzar untuk konversi hampir semua format file populer

- Cocok untuk file berukuran kecil terutama file dokumen.

- Pas untuk saat darurat :)

- Hasil konversinya sangat bagus sekali.

Kekurangan :

- Anda harus terkoneksi internet, jika internet putus di tengah proses konversi, maka anda harus mengulangnya dari awal

- Walalupun bisa mengconversi file hingga 100 Mb dengan gratis, namun Zamzar ini tidak cocok untuk file berukuran besar..karena proses konversi online ini sebenarnya terdiri dari ada 3 proses :

  1. Upload file dari komputer kita ke zamzar
  2. Konversi dan pengiriman file dari zamzar ke email kita
  3. Download dari Email kita ke PC kita.

Sehingga untuk file berukuran besar, proses tersebut akan memakan waktu yang cukup lama, Kecuali jika internet anda mumpuni. Kalau memakai internet dari salah satu Provider GSM seperti saya, hal ini akan memakan waktu yang lumayan lama :)

Silahkan menambahkan jika analisa saya tersebut masih kurang lengkap :)

Anyway..thanks for your coming and hope you can take the advantage of this tutorial

Best Regards

EKO PUSPO C Admin PusatGratis

© Original Tutorial By EKO PUSPO C



    Download Juga:
  1. Convert File PDF dengan PDFZilla 1.2
  2. Tips install blog ( wordpress ) secara offline
  3. Tips Mudah Membuat Signature Online
  4. Recovery File dengan PC Inspector File Recovery 4.1.0
  5. Tips Mempercantik Foto dengan PhotoFunia

Tentang Penulis

EKO PUSPO C Sudah Menulis 468 Artikel di Pusatgratis.

EKO PUSPO C hobby utak-atik komputer dan menulis tentang komputer, khususnya tips dan trik komputer, hobby browsing ebook dan mencari informasi terbaru mengenai perkembangan komputer dan internet. Mulai ngeblog sekitar bulan Juli 2008. Follow twitternya di http://twitter.com/ekopuspo

No comments:

Post a Comment