Sunday, July 19, 2009

Pengertian Domain, Web Hosting, dan Cara Memilikinya

Pertama sekali, saya ingin mengingatkan kita semua sebuat tag yang diungkap oleh seorang pendahulu (maaf, saya lupa namananya, tolong diingatkan) yang mengatakan bahwa “semua orang itu bodoh, tapi hanya pada bidang-bidang tertentu saja“.

Yapz, saya sangat setuju dengan rangkaian kalimat tersebut. Pada intinya bahwa, kita tidak perlu minder jika kita tidak bisa menyulam, atau kita tidak perlu takut kalau kita tak bisa memasak. Bisa jadi menyulam atau memasak bukanlah bidang kita. Setiap orang memiliki keahlian dan kekurangan masing masing. Jika Anda sering tergabung dalam EO (event organizer), anda tentu telah mendengar istilah “right man at right place”. Kata-kata itu juga bisa diterapkan di tempat lain. Yang pada intinya sama dengan kata-kata di atas.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya tidak ada maksud untuk mengajari. Tapi hanya sedekar sharing pengalaman saya tentang pembuatan website atau webblog. Ya…saya tahu, diluar sana banyak sekali yang sudah membahas ini. Tapi saya benar-benar tidak bisa menahan diri dengan berbagai pertanyaan dari teman-teman sekitar tentang “ajarin cara buat web site lah…”. Terkadang saya menjawab “cari saja di gugel”. Tapi sebagian teman-teman ingin belajar langsung dari saya, entah mungkin termakan istilah ‘tak kenal maka tak sayang’.
Oke, sepertinya sudah terlalu banyak basa-basi. Langsung saja.
Ops…sebentar, sepertinya saya bakalan basa-basi lagi nih…

Saya ingin tanya kepada Anda, apakah Anda membutuhkan teori (konsep dasar/istilah dasar) dalam membuat website? Jika Anda membutuhkannya, maka Anda sedang berapa pada artikel yang tepat. Namun jika Anda ingin langsung memprakkekkannya, tanpa perlu mengetahui teorinya, atau ingin mempelajari teori melalui praktekknya, mungkin Anda harus bersabar sejenak hingga saya selesai menulis artikel berikut ini :)

Apa itu domain?
Pertanyaan ini termasuk pertanyaan yang paling sering muncul bagi teman-teman kita yang hendak membuat website, atau tertarik untuk mempelajari website. Menurut Wikipedia, Nama Domain berarti “nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.”
Jujur saja, saya masih bingung dengan definisi yang dijelaskan di wikipedia tersebut. Tapi berdasarkan persepsi yang saya tangkap selama internetan, domain itu berarti alamat web kita.
Misalnya, saya memiliki domain syahuri.com, itu artinya alamat url web saya adalah alamat domain saya :) . Singkatnya: domain adalah alamat web. Domain yahoo.com adalah yahoo.com, domain google.com adalah google.com, dan domain detik.com adalah detik.com. Jadi, dibawa santai aja bro!

Cara memiliki domain
Domain bisa kita miliki secara gratis, ataupun dengan membeli/menyewanya. Untuk yang gratisan, anda bisa mencarinya di google search dengan kata kunci free domain. Tapi untuk menghemat waktu, saya merekomendasikan Anda menggunakan free domain dengan ekstensi .co.cc yang bisa Anda dapatkan secara gratis setelah mendaftar di sana. Langsung saja klik www.co.cc. Pada CO.CC Anda dapat memiliki domain secara gratis yang hasilnya akan menjadi (misalnya) www.namaAnda.co.cc. Contoh www.syahuri.co.cc.
Adapun untuk mendapatkan domain yang tidak gratis, seperti .com, .net, .org, .biz, dan lain sebagainya, Anda bisa membelinya melalui reseller yang sudah sangat banyak di indonesia, salah satunya adalah www.DijaminMurah.com.

Apa itu Web Hosting?
Definisi resmi web hosting saya benar-benar tidak tahu dan tidak berusaha untuk mencari tahu. Saya mengetahui pengertian web hosting begitu saja, begitu tahu saja. Yaitu semacam space atau ruangan di internet tempat kita menyimpan data website kita sehingga website kita bisa diakses di internet.

Cara memiliki Web Hosting
Sebagaimana domain, web hosting juga ada yang menyediakan secara gratis dan adapula yang membuat kita harus membayar untuk menggunakannya. Salah satu web hosting gratis adalah www.000webhosting.com.

Oke, saya rasa persiapan untuk memiliki sebuah website sudahlah cukup, setidaknya untuk tahap awal. Yaitu memiliki domain dan hosting. Yang kemudian akan kita padukan antara keduanya sehingga web kita bisa diakses khalayak ramai di world wide web.

Selanjutnya, setelah memiliki domain dan hosting, bagaimana pula cara kita memiliki web site?
Sabar aja bro! Pada tulisan berikutnya saya akan mencoba mengulas tata cara memiliki website secara praktis, yaitu dengan menggunakan CMS WordPress.

Apa itu CMS, dan apapula itu WordPress?

Di artikel selanjutnya aja ah…

1 comment:

  1. Hi,

    I would recommend "Host Gator" for your web hosting because it's very cheap and reliable. Their support service is awesome. This company offers site building tools, application vault, web mail, antivirus, Php, MySQL ,e-commerce and hosts unlimited websites in one plan. Don't go for free web hosting.They are not reliable. Check it out here (read the User Reviews) :
    http://top50webhosting.org

    ReplyDelete