Monday, August 30, 2010

kata sambung yang menunjukkan arah tujuan dari sebuah kegiatan

Hari ini kita belajar tentang kata sambung yang menunjukkan arah tujuan dari sebuah kegiatan.

Gambarimashou..

=========================================================

http://www.facebook.com/topic.php?uid=45221857002&topic=15145


文型 ぶんけい Bunkei
Bentuk kalimat


方向 ほうこう houkou = Tujuan

[場所 ばしょ]へ/に[行きます いきます/来ます きます]。
[Basho] e/ni ikimasu/kimasu.

(Saya) pergi/datang ke/di [tempat].


練習 れんしゅう Renshuu
Latihan


大阪 おおさか Oosaka = kota Osaka
行きました いきました ikimashita = (sudah) pergi
--> 大阪へ行きました。おおさかへいきました。Oosaka-e ikimashita.
= (Saya sudah) pergi ke Oosaka.

大阪 おおさか Oosaka = kota Osaka
来ました きました kimashita = (sudah) datang
--> 大阪に来ました。おおさかにきました。Oosaka-ni kimashita.
= (Saya sudah) datang di Oosaka.

中国 ちゅうごく Chuugoku = Cina
行きました いきました ikimashita = (sudah) pergi
--> 中国へ行きました。ちゅうごくへいきました。Chuugoku-e ikimashita.
= (Saya sudah) pergi ke Cina.

中国 ちゅうごく Chuugoku = Cina
来ました きました kimashita = (sudah) datang
--> 中国に来ました。ちゅうごくにきました。Chuugoku-ni kimashita.
= (Saya sudah) datang di Cina.

名古屋 なごや Nagoya = kota Nagoya
行きます いきます ikimasu = pergi
--> 名古屋へ行きます。なごやへいきます。Nagoya-e ikimasu.
= (Saya) pergi ke Nagoya.

名古屋 なごや Nagoya = kota Nagoya
来ます きます kimasu = datang
--> 名古屋に来ます。なごやにきます。Nagoya-ni kimasu.
= (Saya) datang di Nagoya.

アメリカ Amerika = Amerika
行きます いきます ikimasu = pergi
--> アメリカへ行きます。アメリカへいきます。Amerika-e ikimasu.
= (Saya) pergi ke Amerika.

アメリカ Amerika = Amerika
来ます きます kimasu = datang
--> アメリカに来ます。アメリカにきます。Amerika-ni kimasu.
= (Saya) datang di Amerika.

東京 とうきょう Toukyou = kota Tokyo
行きました いきました ikimashita = (sudah) pergi
--> 東京へ行きました。とうきょうへいきました。Toukyou-e ikimashita.
= (Saya sudah) pergi ke Tokyo.

東京 とうきょう Toukyou = kota Tokyo
来ました きました kimashita = (sudah) datang
--> 東京に来ました。とうきょうにきました。Toukyou-ni kimashita.
= (Saya sudah) datang di Tokyo.


sumber: http://study.u-biq.org/09.html

No comments:

Post a Comment